Biaya Pendidikan Universitas Negeri Malang

Biaya pendidikan di Universitas Negeri Malang mulai tahun 2013 sudah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT). Biaya kuliah ini disamakan atau dikenakan untuk semua jalur penerimaan mahasiswa baru. Universitas Negeri Malang (UM) juga memberlakukan UKT meskipun calon mahasiswa masuk melalui jalur mandiri. Namun UKT bagi calon mahasiswa jalur mandiri ini tidak seperti jalur SNMPTN atau SBMPTN yang memiliki kesempatan bisa mendapatkan UKT kategori 1 (bawah).

Sistem penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Malang ada 3 jalur yakni:

  1. SNMPTN
  2. SBMPTN
  3. Seleksi Mandiri yang dibedakan menjadi 2 Jalur yaitu (1) Prestasi Akdemik & Non Akademik. (2) Ujian Tulis/Tes Ketrampilan

UKT Unversitas Negeri Malang 2016/2017 – Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Bagi mahasiswa baru yang diterima sebagai mahasiswa baru Universitas Negeri Malang (UM) sebelum melakukan pembayaran UKT terlebih dahulu harus mengisi Form Biodata Mahasiswa Baru UM secara online melalui http://registrasi.um.ac.id. Data ini akan digunakan sebagai penentuan kelompok UKT.

Baca juga:  Biaya Kuliah UB Malang dan Alur Penundaan / Keringanan UKT

Dokumen yang harus diunggah sebagai persyaratan:

  1. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Daftar Gaji,
  2. Kartu Keluarga (KK), dan
  3. Bukti Pembayaran PBB.

Selanjutnya pada tanggal yang sudah ditentukan dapat melihat biaya pendidikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang telah ditetapkan oleh Universitas Negeri Malang pada webiste yang sama.

Berikut besaran UKT Universitas Negeri Malang TA 2015 – 2016

biaya-kuliah-universitas-malang-jalur-snmptn-dan-sbmptn

biaya-kuliah-universitas-negeri-malang

Biaya Kuliah UM Jalur Mandiri 2016/2017

Berbeda dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN di mana biaya kuliah hanya membayar UKT setiap semester, untuk jalur Mandiri terdapat tambahan biaya SPSA (Sumbangan Penunjang Sarana Akademik). Dana SPSA dibayar 1 kali selama studi dengan besaran berbeda tergantung jurusan yang diambil. Besaran SPSA paling rendah Rp 5.000.000 untuk jurusan D3 Perpustakaan dan tertinggi Rp 20.000.000, berikut daftarnya:
biaya-kuliah-jalur-mandiri-universitas-negeri-malang

Baca juga:  Biaya Kuliah Universitas Udayana - Unud Angkatan 2019

biaya-kuliah-jalur-mandiri-um-malang

Bagikan:
24 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *