Uang Kuliah Poltekkes Bandung 2015

Nampaknya Politeknik Kesehatan di bawah Kementerian Kesehatan sudah mulai mengadopsi sistem uang kuliah tunggal yang selama ini sudah diterapkan di semua PTN di bawah Kemendikbud.

Contohnya Poltekkes Bandung, melalui Peraturan Menteri Keuangan No 42/PMK.05/2015 tanggal 9 Maret 2015 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Poltekkes Bandung. PMK ini merupakan pengganti tarif sebelumnya yang diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 185/PMK.05/2011. Dalam lampiran PMK 42 Tahun 2015 yang baru disebutkan bahwa tarif Layanan Akademik untuk angkatan 2014/2015 hanya terdiri dari Uang Kuliah saja tanpa unsur biaya lain.

Berbeda dengan angkatan sebelumnya Uang Kuliah terdiri dari beberapa komponen biaya seperti SPP, Dana Pengembangan Pendidikan (DPP), Biaya Pengenalan Program Studi Mahasiswa, matrikulasi, Praktek Belajar Lapangan (PBL), Praktek Kerja Lapangan (PKL), Praktek Kerja Nyata (PKN), Penilaian Pencapaian Kompetensi dan Ujian Akhir Program (UAP).

Baca juga:  Biaya Kuliah Poltekkes Bengkulu

Penyederhanaan ini lebih bersifat menyatukan semua komponen biaya di atas untuk dibebankan per semester kepada mahasiswa 2014 ke atas. Secara total akumulatif besarannya kurang lebih akan sama jika dibandingkan mahasiswa angkatan lama.

Berbeda dengan UKT di PTN, Uang Kuliah Poltekkes tidak ada pengelompokan berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua. Namun terhadap mahasiswa tertentu dapat diberikan tarif layanan sampai dengan 0% (nol persen) dari Tarif Layanan Akademik. Mahasiswa tertentu sebagaimana dimaksud terdiri atas:

a. Mahasiswa teladan;
b. Mahasiswa berprestasi nasional atau internasional;
c. Mahasiswa dari keluarga miskin; dan/atau
d. Mahasiswa korban bencana

1. Uang Kuliah 

biaya-kuliah-poltekkes-bandung

2. Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP)

spp-poltekkes-bandung-2016

3. Dana Pengembangan Pendidikan (DPP)

dpp-poltekkes-bandung-2016

Bagikan:
25 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *