UKT UI – S1 Reguler

Penerapan sistem pembiayaan UKT di Universitas Indonesia sebenarnya sudah dimulai sejak lama dan disempurnakan pada tahun 2008 dengan nama BOPB (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan).

BOPB ini sama saja dengan UKT (Uang Kuliah Tunggal) bahwa biaya pendidikan yang harus dibayarkan mahasiswa per semester selama masa studi sesuai kemampuan penanggung biaya pendidikan. Mahasiswa hanya perlu membayarkan Biaya Pendidikan tiap semesternya, tidak ada biaya SKS, uang praktikum, uang pembangunan gedung, uang wisuda dll.

BOPB adalah mekanisme penetapan biaya pendidikan mahasiswa S1 Reguler UI berdasarkan kemampuan bayar penanggung biaya pendidikan dalam rangka mewujudkan nilai-nilai Universitas Indonesia yaitu: veritas, probitas, iustitia (kebenaran, kejujuran dan keadilan).

Calon mahasiswa baru dapat memilih besaran biaya pendidikan sesuai dengan permohonan pengajuan biaya pendidikan. Ketetapan akhir biaya pendidikan diputuskan oleh UI berdasarkan kesesuaian berkas yang diajukan. Pilihan pengajuan biaya pendidikan terbagi dalam 4 kelas.

Baca juga:  Biaya Kuliah Universitas Samudra Langsa

BOPB Universitas Indonesia 2015 – 2016

UKT UI

Biaya pendidikan S1 Reguler SIMAK = S1 Reguler SBMPTN = S1 Reguler SNMPTN

Level tertinggi pada Kelas A dengan besaran Rp 5.000.000 untuk jurusan rumpun sosial dan Rp 7.500.000 bagi jurusan Sains, teknologi dan kesehatan. Jika mahsiswa baru memilih membayar biaya kuliah  Kelas A maka bisa langsung tercatat sebagai mahasiswa UI tanpa harus menyerahkan dokumen pendukung penghasilan orang tua.

Sebaliknya jika memilih kelas di bawahnya (Kelas B, C atau D), camaru diwajibkan mengisi data online, mengunduh formulir, dan melengkapi berkas dan kemudian mengirimkan formulir persyaratan dan berkas ke UI untuk diproses pihak universitas. Persyaratan berkas tiap kelas juga berbeda semakin rendah biaya  yang dipilih, persyaratan juga semakin banyak

Baca juga:  Biaya Kuliah ITB Angkatan 2018

Prosedur BOPB UIPersyaratan Berkas UKT UI

Bagikan:
3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *