Biaya Kuliah Universitas Borneo Tarakan, Kalimantan Utara

Biaya kuliah Universitas Borneo menggunakan sistem uang kuliah tunggal UKT yang dibagi menjadi 5 kelompok berdasarkan kemampuan orang tua. Paling rendah pada kelompok I merupakan sebesar Rp 500.000, sedangkan UKT tertinggi sebesar Rp 3.800.000 pada jurusan D3 Kebidanan dan D3 Keperawatan.

Penetapan Universitas Borneo Tarakan sebagai perguruan tinggi negeri berdasarkan Peraturan Presiden RI No. 19 yang dituangkan ke dalam Peraturan Presiden RI No. 65 Tahun 2010 Tentang Pendirian Universitas Bangka Belitung, Universitas Borneo Tarakan, dan Universitas Musamus yang ditetapkan di Jakarta pada tangal 19 November 2010. Sampai saat ini Universitas Borneo Tarakan telah memiliki 7 Fakultas dengan 17 Program studi.

Besaran UKT ditentukan berdasarkan data atau dokumen yang duupload calon mahasiswa baru melalui website ukt.borneo.ac.id. Data/doukem yang perslu dibutuhkan sebagai berikut:

  • Bukti slip gaji orangtua atau surat keterangan penghasilan orangtua dari yang berwenang.
  • Kartu Indonesia Pintar (KIP)/Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kepala Desa/Lurah setempat khusus bagi peserta yang tidak mampu.
  • Satu (1) lembar fotocopy rekening listrik 1 bulan terakhir atau surat keterangan tidak menggunakan listrik dari RT setempat bagi yang tidak menggunakan listrik.
  • Foto rumah (tampak depan, samping kiri, kanan, belakang dan dalam rumah, kamar tidur, dapur, kamar mandi (MCK)) yang menggambarkan keadaan rumahsesuai alamat yang tercantum di kartu keluarga dan ditandatangani oleh orangtua/wali dan Ketua RT setempat serta berstempel RT.
Daftar UKT Universitas Borneo Tarakan (UBT) 2019
Baca juga:  Biaya Kuliah Universtas Khairun (Unkhair) Maluku Utara

Biaya Kuliah Jalur Mandiri UBT

Universitas Borneo Tarakan tidak mengenakan uang pangkal bagi mahasiswa baru yang diterima dari jalur mandiri. Biaya kuliah jalur mandiri UBT tetap menggunakan UKT berbasis kemampuan ekonomi sebagai dasar penentuan kelompok UKT yang dibayarkan sama setiap semester.

 
Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *