Biaya Kuliah Universitas Negeri Siliwangi – Unsil Tasikmalaya

Universitas Siliwangi (Tasikmalaya) baru saja dikukuhkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri melalui Perpres Nomor 24 Tahun 2014. Sebagai konsekuensi penegerian Universitas Siliwangi Segala pembiayaan yang diperlukan bagi penyelenggaraan universitas dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Selain itu universitas tersebut menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi, dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Sebagai univeristas Negeri baru, biaya kuliah Universitas Negeri Siliwangi – Unsil juga mengadopsi sistem UKT (uang kuliah tunggal) yang merupakan sistem pembiayaan yang berlaku di PTN.

UKT bertujuan memberi subsidi silang yang didasarkan pada kondisi ekonomi dan sosial orang tua/wali setiap mahasiswa. Jadi sistem ini mengacu kepada pendapatan orang tua mahasiswa, semakin tinggi pendapatan orang tua maka semakin tinggi pula UKT yang harus dibayar, sebaliknya semakin rendah penghasilan orang tua maka semakin rendah pula biaya UKT yang harus dibayarkan.

Diharapkan dapat memberikan dampak pemerataan untuk setiap mahasiswa dan membantu mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Baca juga:  Biaya Kuliah UI Maksimal Rp 7.500.000 per Semester

Besaran UKT Universitas Siliwangi yang paling baru mengacu KEPUTUSAN MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 91/M/KPT/2018 TENTANG BIAYA KULIAH TUNGGAL DAN UANG KULIAH TUNGGAL PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI TAHUN ANGKATAN 2018.

Berdasarkan Kepmen tersebut, UKT Unsil dibagi menjadi 8 (delapan) kelompok dengan besaran bervariasi tergantung program studi, level tertinggi atau 8 berada pada kisaran Rp 5.9 Juta s/d 8 Juta.

Pengelompokan UKT bagi mahasiswa Unsil ditentukan berdasarkan data atau dokumen yang diunggah calon mahasiswa atau pendaftar. Teknisnya unggah dokumen dilakukan ketika melakukan pendaftaran atau bisa juga ketika melakukan registrasi.

Dokumen yang dibutuhkan:

  • Surat Keterangan penghasilan kedua orang tua / wali / orang lain yang membiayai
  • Foto rumah tampak depan
  • Foto rumah tampak belakang
  • Foto rumah ruang keluarga
  • Foto MCK (Kamar mandi / WC).

Daftar UKT Unsil 2019

Biaya Kuliah Jalur Mandiri Unsil Siliwangi

Berbeda dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN, mahasiswa Unsil yang mendaftar melalui jalur mandiri selain membayar UKT per semester juga dikenakan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Siliwangi Nomor 34/UN58/KM/2019 tanggal 31 januari 2019 tentang Penetapan Besaran Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) Untuk Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi.

Calon mahasiswa baru program sarjana jalur Mandiri tahun angkatan 2019 jalur reguler (non Bidikmis dan non Hafiz Al-Quran) dikenakan SPI sesuai pilihan calon mahasiswa, orang tua calon mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai calon mahasiswa.

SPI yang ditawarkan yaitu:

  • Klaster 1 = Rp. 0 (nol rupiah);
  • Klaster 2 = Rp. 5.000.000,00 (lima juta rupiah);
  • Klaster 3 = Rp. 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah);
  • Klaster 4 = Rp. 15.000.000,00 (lima belas juta rupiah);

Program Sarjana dan Program Diploma Tiga yang Hafiz Al-Quran dikenakan UKT kelompok I yaitu sebesar Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah) dan dibebaskan dari SPI.

UKT dan SPI yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

Bagikan:
23 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *