Biaya Kuliah UPN Veteran Yogyakarta

Secara resmi mulai 6 Oktober 2014 UPN berubah statusnya menjadi menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Konsekuensinya semua aset, bangunan maupun operasional UPN diambilalih atau diserahkan dari
Kementerian Pertahanan ke Kemendikbud.

Mengacu dari pengalaman sebelumnya perguruan tinggi lainnya yang beralih menjadi PTN, biaya pendidikan atau biaya kuliah tidak mengalami perubahan sebelum diterbitkannya peraturan atau ketentuan yang baru dari Kemendikbud.

Biaya pendidikan di UPN Veteran Yogyakarta terdiri atas

  1. Dana Pendukung Pendidikan (DPP). Biaya ini dibebankan berdasarkan golongan mahasiswa yakni:
    -Golongan 1 : TNI/Veteran/PNS Kemhan/TNI Tugas Belajar
    -Golongan 2 : Suami/Istri/Anak Kandung/Anak Adopsi TNI
    -Golongan 3 : Umum
    -Golongan 4 : Anak Pegawai UPN “Veteran”
    -Golongan 6 : Khusus Mahasiswa Asing
    -Golongan 10 : Anak Alumni
    -Golongan 12 : Suami/Istri/Anak Veteran/PNS Kemhan/Polri
  2. SPP Tetap. Besaran SPP tetap berkisar Rp 1.600.000 s/d Rp 2.500.000 berdasarkan jurusan atau program studi.
  3. SPP Variabel yang merupakan biaya per SKS.
Tabel Dana Pendukung Pendidikan (DPP) TA 2014 – 2015

*)Keterangan :

    1. Pembagian Golongan Lihat pada Tabel golongan pendaftar
    2. Biaya Praktikum termasuk dalam SPP Variabel
    3. Pendaftaran mahassiwa Baru Rp. 200.000 untuk WNI dan Rp. 250.000 untuk WNA
    4. Bagi Calon yang dinyatakan Lulus seleksi dikenakan biaya :

Uang Muka sebesar Rp. 3.000.000 Jas almamater dan seragam Olah Raga Rp. 225.000 Buku Wimaya Rp.25.000

  • Kewajiban keuangan ini belum termasuk:

 

Biaya KKN Biaya Kuliah Lapangan Biaya kerja praktek Biaya Magang SPP Remidi Biaya Ujian Pendadaran / komprehensif

  • Biaya Wisuda Khusus prodi Akuntansi belum termasuk biaya prkatek Perpajakan (brevet Pajak)
Tabel SPP Tetap dan SPP Variabel TA 2014 – 2015
Uang Kuliah Tunggal sudah ditetapkan, lihat di http://biayakuliah.net/ukt-upn-yogyakarta/

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. vida junior says

    dear admin,

    boleh minta biaya kuliah untuk UPN Veteran Jogjakarta
    teknik perminyakan thn ajaran 2015-2016 gak ?

    sama daftar tanggal pendaftarannya dong.

    terimakasih.

    regards,

    Vida

    • says

      maaf pak, saya maya peserta sbmptn dari SUMUT yang lolos di upn yogya,fakultas ekonomi. Saya mau tanya kalau mau cek ukt, gimana ya pak? soalnya temen- temen saya yang lulus di ptn lain sudah tahu ukt masing- masing..

      terima kasih pak..

      • says

        Mau tanya lagi pak.. pihak upn yang bisa di hubungi untuk tanya soal ukt, kita bisa dapat dari mana ya pak?.. soalnya kabarnya upn memakai sistem ukt seperti ptn lain pak

        terimakasih pak..

  2. anggit says

    boleh nanya ngga, kalau di upn veteran jogjakarta ada jalur sbmptn nya ngga? trs boleh minta biaya kuliah untuk
    UPN Veteran Jogjakarta
    teknik perminyakan thn ajaran
    2015-2016 gak ?
    sama daftar tanggal
    pendaftarannya dong.

  3. FETY SEPTIA FERONIKA says

    sy pingin sekali kuliah di UPN, mudah2an sy bisa diterima pada SBMPTN tahun ini… amin

  4. budi says

    jadi DPP yg untuk prodi komunikasi 12jt itu jumlah keseluruhan selama kuliah S1 itu? bukan per semester??
    mohon d reply
    terima kasih sebelumnya atas informasinya 🙂

  5. Admin says

    @all:

    Buat adik-adik yang ingin mengetahui biaya kuliah di UPN Yogya, untuk lebih jelasnya hubungi pihak universitas. Kabarnya UPN sudah memakai sistem UKT seperti PTN lainnya.

    Daftar di atas merupakan biaya sebelum UPN beralih status menjadi PTN.
    Terima kasih…

    • Almasitha says

      Mengacu dari pengalaman sebelumnya perguruan tinggi lainnya yang beralih menjadi PTN, biaya pendidikan atau biaya kuliah tidak mengalami perubahan sebelum diterbitkannya peraturan atau ketentuan yang baru dari Kemendikbud.

      “Kabarnya” UPN sudah memakai sistem UKT seperti PTN lainnya.

      Nah loh.. hmmmm… semoga cepat keluar peraturan atau ketentuan yang baru dari Kemedikbud.. Aminnn…
      ^lek ndang gage Bapak Menteri

  6. Alfi Fitrianies says

    mas, mau tanya sebelumnya. saya siswa dr sumatera selatan.. kalau saya ikut sbmptn kan testnya dari sini, nah itu peluang masuknya gimana? terus, gambaran buat persemester f. pertanian kira2 berapa? makasih 🙂

    • Admin says

      Peluang masuk tergantung passing grade jurusan dan prioritas pilihan dan tingkat persaingan, tdk tergantung tempat pendaftaran.
      Biaya pertanian kalau belum berubah:
      DPP 6 juta selama kuliah
      SPP 2 jt/semester
      Biaya per SKS Rp 100.000 tergantung SKS yg diambil

  7. Alfi Fitrianies says

    oh. buat thn 2015 ini UPN blm pake sistem ukt yah ? biasanya kalo persemester itu brp SKS mam? makasih

  8. Witri Nurhaeti says

    belum ada UKT ya mas di UPN…bisa minta rincian biaya per semesternya gak mas buat teknik pertambangan dan agroteknologi. makasih…

    • Admin says

      Prakteknya susah gan, hrs ada kesepakatan antar universitas. Tanya bagian akademik apakah ada kebijakan tranfer antar univeritas. Solusi paling mudah ya ikut ujian masuk.

    • arham says

      mas bisa ngga dri universitas swasta ke upn, klo bisa cara pengurusannya g mna…
      mohon infonya mas…..

  9. Reza multizam says

    Mau nanya nih,,kalau biaya kuliah jalur mandiri apakah sama dengan yg tertera diatas untuk tahun ini ?? trima kasih 🙂 reply ya min

    • Admin says

      Semua universitas Negeri baik jalur SNMPTN?SBMPTN maupun mandiri menggunakan UKT, kecuali Universitas PTN berstatus BLU jalur mandiri dapat dibedakan asal sudah ditetapkan dg Keputusan Menkeu. Sebagai contoh UB dan Unair jalur mandiri tdk menggunakan UKT namun ada tarif tersendiri. Untuk yg lainnya tetap memakai sistem UKT

  10. fatma says

    Dear admin. Apakah upn juga menarik biyaya gedung dll? Kalau iya, Sekiranya berapa dan apa saja biyaya biyaya lainnya? Tlg dijawab ya

    • Admin says

      – Sebagai universitas negeri UPN pasti pembiayaan perkuliahan menggunakan formula UPN, namun sampai saat ini dasar hukum pemberlakuan UKT belum ada (biasanya dalam bentuk peraturan menteri). Hal ini dikarenakan status UPN yg terbilang baru,. Dg pemberlakuan UKT otomatis tdk ada uang gedung dll. Namun secara akumulatif bisa saja besarannya sama (tergantung penghasilan ortu).
      – Jadi admin tidak tahu besaran UKT di UPN apakah menggunakan UKT sementara atau formula yg lama, lebik baik anda hubungi panitia penerimaan di UPN

  11. Felix Aritonang says

    Min, tau gak jadwal daftar ulang SBMPTN di UPN Yogyakarta? Saya menang SBMPTN di UPN Yogya.

  12. Muhari Dwi Nugroho says

    1.daftar ulang yang ketrima SBMPTN UPN Veteran Yogyakarta kapan ya? soalnya cari cari belum ada,
    2.biaya kuliah yg diterima jalur SBMPTN dan UM itu sama atau tidak? Misalkan sudah diterima di Teknik Informatika jalur SBMPTN kemudian ikut UM Teknik Perminyakan Boleh tidak?

    Trimakasih

  13. rahma says

    maaf pak mau tanya.
    untuk pembayaran spp tetap dan variable itu bagaimana rincian secara jelasnya? dan biasanya dibayarkan setiap awal semester langsung atau bagaimana.
    terimakasih

    • Admin says

      halo rahma
      Itu biaya kuliah sebelum UPN berubah status menjadi PTN
      UKT UPN belum rilis resmi, hubungi panitia untuk mengetahu besarannya

  14. ADI says

    Kalok lewat jalur mandiri, cuma pake biaya pendaftaran atau ada uang lain min ?
    Mohon dijawab masih bingung sistem jalur mandri trimakasih

  15. Ratih says

    min, mau tanya, kalo buat UPN sendiri kan udah jadi PTN, terus biaya kuliahnya untuk jalur mandiri masih pake DPP SPP apa pake UKT? sepertinya PTN lain pakai UKT deh min,

  16. Danti Ferrari says

    Mohon info, brp biaya DPP, SPP tetap dan SPP variabel utk FISIP jurusan Ilmu Komunikasi th 2015-2016 ?
    Utk DPPnya apa bs dicicil dan boleh brp kali?
    Terim kasih.

  17. says

    Cuma mau meluruskan saja.
    Untuk informasi postingan diatas adalah BIAYA KULIAH UPNVYK SEBELUM MENJADI PTN atau masih PTS.
    Dan untuk biaya kuliah setelah menjadi PTN, akan diinfokan langsung di web respi upn atau pemberitahuan lainnya.
    Hanya melengkapi saja. Biaya diatas adalah biaya persemester atau selama 6bulan 🙂
    Dan setau saya (belum tau benar apa salah), apabila universitas menjadi ptn maka tidak ada biaya dpp (walaupun ada mungkin lebih murah). Dan biaya persemester menjadi lebih murah.
    Dan untuk berapa kali biaya dapat dibayarkan ? Untuk pengalaman saya (pendaftaran saat masih menjadi pts) saya dapat mencicil biaya hingga 4kali. Namun kondisi saya saat itu masih membayar uang dpp+biaya kuliah selama setahun atau 2 semeter+biaya baju/almet(yg kisaran 20jutaan)
    Semoga dapat di pahami.

  18. Frans says

    Min, saya jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Sekarang kelas 3 SMK, Rencana mau masuk ke Teknik Perminyakan. Apakah lulusan TKJ dapat masuk ke Teknik Perminyakan ? Trims.

    • Admin says

      syarat SNMPTN atau SBMPTN lulusan pendidikan menengah (SMA/ MA/ SMK/ MAK), Teknik Komputer dan Jaringan termasuk kelompok IPA jadi bisa msk ke Tek Perminyakan

  19. wahyu says

    Min kalo mengenai biaya kuliah di UPN melalui jalur ujian mandiri apakah masih sama dengan tahun sebelumnya saat UPN statusnya masih PTS ?

    • Admin says

      Khusus UPN yogya admin kurang paham, namun untuk UPN Surabaya jalur mandiri dikenakan UKT level 6 ditambah UKA (Uang Kuliah Awal) : Minimal 30 Juta Bisa diangsur 3x

  20. hermansyah says

    Min,… mau nanyak nih…cara bayar uang ujian keterampilan ISI PADANG PANJANG bagaimana??informasinya tidak ketemu…
    Tolong ya …
    Terimakasih

  21. hermansyah says

    Min,… mau nanyak nih…cara bayar uang ujian keterampilan UMB ISI PADANG PANJANG bagaimana??informasinya tidak ketemu…
    Tolong ya …
    Terimakasih

  22. Rizki Romadhoning says

    Apakah UPN membuka kelas transfer misalnya dari D3 universitas lain mau lanjut S1 di UPN? Mohon infonya. Terimakasih.

  23. says

    1. Daftar UKT 2015/2016 mohon diinformasikan di WEB UPN sehingga sebagai pendaftar dan mahasiswa mengetahui secara jelas perkiraan UKT yang harus dibayarkan.
    2. Apakah pertimbangan UKT hanya dari pengasilan kotor saja? orang tua saya mempunya anak lebih dari satu yang kuliah dan menggunakan data pendukung gaji yang sama , apakah itu menjadi pertimbangan?

  24. Ema sagala says

    Pak, saya alumni upn.. saya mau nanya masalah UKT soalnya adik saya baru masuk jurusan tekim.. terus disitu ditulis spp tetap sbesar 1,7 jt.. trs persks biayanya 200rb kalo di kalikan misalnya 20 sks total spp variabelnya 4jt ditambah 1,7 jt jadi total biaya nya skitar 6jutaan.. trs knp lbh murah ketimbang UKT nya? Mohon penjelasannya.. trims

  25. reza says

    pak itu upn jakarta uang pangkalnya bener 50 juta ?
    saya keterima di sana ko ada uang pangkal ya ? baru saja saya lolos S1 management.

  26. rofi says

    ktnya udh jd ptn tp kok mahal bgt ane dapet agrotek lwat um ukt 9,7 akreditasi “b” dan ukt tu berlaku selamanya sampe lulus. Setelah aku ajuin banding gk bs. Akhirnya aku ngundurin diri..

  27. rofi a says

    ktnya udh jd ptn tp kok mahal bgt ane dapet agrotek lwat um ukt 9,7 akreditasi “b” dan ukt tu berlaku selamanya sampe lulus. Setelah aku ajuin banding gk bs. Akhirnya aku ngundurin diri…

  28. wick says

    UPN “Veteran” Yogyakarta katanya negeri kok mahal ya, mau daftar bidikmisi tp nama gadis ibu gk cocok. UKT kan harusnya berdasarkan kemanpuan orang tua (penghasilan). Lapor ke ombudsman aja yg merasa di rugikan dengan UKT

  29. says

    Selamat siang pak,saat ini banyak calon mahasiswa yang masih kebingungan untuk mengetahui secara pasti mengenai biaya kuliah.
    Saya mau nanya pak
    1.apa yang membedakan jalur UKT dengan Jalur Tarif
    2.Apakah biaya BKT berlaku ketika UKT diberlakukan
    3.Kalo golongan 1,2,3 termasuk jalur bidik misi atau bukan
    4.Sampai level golongan berapa jalur bidik misi itu berlaku
    Terimakasih pak.

    • Admin says

      Bisa, prosedurnya :
      – Bagi calon yang akan pindah kuliah dari antar prodi di UPN “Veteran” Yogyakarta maupun pindahan (alih jenjang, pindah program studi) dari luar UPN “Veteran” Yogyakarta harus mengajukan surat izin ke Rektor UPN (Surat izin bisa didapatkan dibagian admisi)
      – Setelah mendapat izin dari rektor UPN “Veteran” Yogyakarta dapat melakukan pendaftaran,
      – Calon mahasiswa pindahan juga diwajibkan memenuhi persyaratan administrasi, mengikuti ujian masuk dan kegiatan lain sebagaimana pendaftar dari lulusan SMA/SMK/MA.

  30. citra says

    Pak saya mau tanya kalau pindah kampus dari universitas negeri mau pindah di upn bisa ga? Dari jurusan akuntansi mau pindah di manajemen ?

  31. Muhammad Iqbal Sanusi says

    Admin saya mau tanya, kalo passing grade jurusan tek. geologi dan teknik perminyakan di UPN yogyakarta berapa ya untuk tahun 2015 ini ?

  32. Muhammad Iqbal Sanusi says

    Admin saya mau tanya, kalo passing grade jurusan tek. geologi dan teknik perminyakan di UPN yogyakarta berapa ya untuk tahun 2015 ini ? mohon di reply ya, trmksh

  33. muhammad rizki says

    saya mau nanya sama admin nya kalau kita mau nyambung s1 fakultas pertanian di universitas ini gimana caranya?
    mohon bantuannya

  34. Muhammad Ali Shodiqin says

    min mau tanya “Dana Pendukung Pendidikan (DPP)” kalau tidak termasuk dalam golongan yang disebut… apakah tidak dikenakan biaya..?
    ~Best Regard~

  35. Admin says

    @Nur
    @novi

    UPN sudah menjadi PTN otomatis penerimaan mahasiswa baru juga lewat SNMPTN dan SBMPTN, selain itu juga menerima dari jalur mandiri

  36. Zakariah Lande says

    Yth. Bp. Admin UPN

    Pertama tama kami mohon maaf, Anak saya pingin banget masuk di UPN Yogyakarta jurusan Giologi perminyakan bagaimana cara nya masuk di jalur Mandiri karena kami tinggal di luar kota Yogyakarta. mohon info nya Pak. Terima kasih

  37. juni says

    Kak mau tanya di upn teknik kimia bagus ngga sih ? Prospek ke depan tekkim upn bagus ngga ? Masalahnya saya udah ndaftar snmptn di upn tapi kok banyak temen yang bilang ngapain sih bisanya kamu upn gitu kak

    • juni says

      Kak mau tanya di upn teknik kimia bagus ngga sih ? Prospek ke depan tekkim upn bagus ngga ? Masalahnya saya udah ndaftar snmptn di upn tapi kok banyak temen yang bilang ngapain sih bisanya kamu upn gitu kak

    • Admin says

      Yang namanya teknik so far bagus. Teknik KImia secara spesifik banyak dibutuhkan di industri-industri. Jangan lupa lulusan teknik sangat terbuka untuk bekerja di bidang apa saja, biasanya lewat jalur Management Trainee. Perusahaan besar banyak membuka jalur MT yang dipersiapkan untuk mengisi posisi penting di perusahaan. Banyak sekali lulusan teknik termasuk teknik kimia yang diterima lewat jalur ini.

  38. risma says

    untuk tehnik lingkungan, jika tidak lulus snmptn & sbmptn apakah ada jalur lain untuk test yg di selenggarakan upn?.
    bgman dengan biaya kuliahnya?
    tk

    • Admin says

      hampir semua PTN ada 3 jalur PMB : SBMPTN, SNMPTN dan jalur mandiri. Jadi kemungkinan besar ada jalur mandiri untuk Teknik Lingkungan, pantau website IPN Yogya untuk informasinya

  39. SAKA WIDRATA BHAKTI says

    pak saya mau tanya, di UPN jogja teknik perminyakan uang kuliah awal itu berapa pak ? kemudian lulusan teknik perminyakan nanti apakah banyak di butuhkan oleh perusahaan – perusahaan besar asing ? mohon jawabnnya … Saya Saka lulusan SMA jurusan IPA tahun 2016 kab. situbondo jatim

    • Admin says

      Dengan adanya perubahan UPN menjadi PTN biaya kuliah mengikuti sistem UKT, besarannya sama tiap semester. Lihat http://biayakuliah.net/ukt-upn-yogyakarta/.
      Sesuai namanya lulusan lebih diarahkan ke perusahaan minyak. Namun untuk saat ini perusahaan minyak pada titik nadir karena kemerosotan harga minyak.
      Peluang lain, lulusan bisa masuk ke program Management Trainee dimana perusahaan besar selalu membuka lowongan ini.

  40. Afiandri says

    Min gue kuliah di teknik perminyakan trisakti mau transfer ke perminyakan upn bisa ga ? Plis plis bales dong min

  41. Ambar Wahyuni says

    Anak saya di terima SNMPTN jalur Bidik Misi UPN th 2016, untuk biaya kuliah apakah sama peraturannya dengan bidik misi PTN yang lain ?

  42. Marta Agustina says

    Adik saya keterima di ilmu komunikasi upn yk, mengenai UKT apakah UPN sudah mengatur seperti PTN yang hanya membayar sekali dalam 1 semester tanpa ada spp dan spp variabel? Mohon kejelasannya…
    Dan untuk website daftar ulang SNMPTN kenapa tidak bisa diakses?
    Trimakasih

  43. Desi wahyuni says

    Assalamualaikum,
    Saya kan sudah mengisi registrasi untuk peserta yang sudah lulus di upn veteran jalur SNMPTN, nah kemarin di pengumumannya tanggal 20 mei ini pengumuman uang UKT nya dimana ya saya bisa melihat pengumumannya ?

  44. Bagas Cikal Rajabi says

    Assalamualaikum
    saya Bagas Cikal Rajabi alhamdulillah saya keterima snmptn UPN Yogya di Fakultas Teknik Geologi

    saya sudah mengisi formulir pendaftaran tetapi pada saat tahap akhir saat ingin memasukan foto tidak bisa masuk ……sementara terakhir memasukan data pada tanggal 25 mei sekarang,apakah data saya keterima?

    apabila ada info yang penting bisa tolong share atau kontak id line saya:bagascikalrajabi

    sebelumnya terima kasih atas bantuan dan partisipasi nya semoga bermanfaat

    wassalamualaikum

  45. narto sunarto says

    pengumuman ukt sudah saya terima, anak saya yg bernama Winaldi Ersa Haidar, fakultas tehnik informatika, masuk di golongan 4
    Pertanyaan saya, kenapa masuk di gol 4, sedangkan saya bukan pengurus UPN VETRAN, klo menurut di atas kalau dari umum masuk gol 3
    mohon penjelasannya
    terima kasih

    • ell says

      itukan yang diatas sudah nggak dipakai kan. karena sudah pakai sistem ukt, jadi tergantung gaji orangtua dll

  46. R Yusak Joko Nugroho says

    terus terang saya sangat kecewa dg keputusan yg dikeluarkan / ditentukan mengenai ukt upn veteran jogya karena anak kami lolos jalur undangan di upn veteran jogya, sudah diputuskan bahwa uang ukt persemester yg dikenakan Rp.8,500,000,- dan apabila akan mengajukan banding diberi waktu tgl 13 dan 14 juni 2016 dg beberapa surat / persyaratan yangg harus dilampirkan dan setelah kami penuhi seluruh pesyaratannya lalu kami menuju ke jogya dr jember jawa timur dengan harapan ada perubahan ukt setelah kami mengajukan banding dan anak kami dapat kuliah di upn veteran jogya. tetapi kabar yg kami terima sungguh sangat mengecewakan karena setelah kami mengajukan banding tetap tidak ada perubahan uang ukt anak kami…kenapa mestiharus ada pengajuan banding kalau toh setelahnya tdk ada perubahan atau revisi uang ukt. saya sangat kecewa sekali karena dr jember kejogyakarta kami juga sdh mengeluarkan biaya transport. kecewa

  47. R Yusak Joko Nugroho says

    anak saya yuka reksa nugroho masuk golongan 6 padahal kita wni tulen….kok masuk warga negara asing

  48. ell says

    min mau tanya, kalau saya semisal keterima di upn lewat jalur seleksi mandiri,maka saya dapat ukt tertinggi ya? katanya kalau lewat snmptn atau sbmptn masih pakai ukt gaji orang tua, tapi kalau diterima lewat sel mandiri otomatis dapet yg tertinggi??

  49. muhammad yasin says

    mohon dihubungkan dengan prodi teknik kimia fak.Teknologi Industri S.1 untuk menelusuri proses akademik mahasiswa An. Fianda Yusrifan Hidayat. siapa yang bisa saya untuk komunikasi. penting
    Makasih.

  50. E Kardita P says

    Hai semua…setelah saya pelajari dan mencari tau serta membaca semua komen yang ada, rasanya INI SANGAT TIDAK MASUK AKAL …
    Bagaimana mungkin orang tua nya Pedagang biasa ataupun pensiunan juga yatim masih dikenakan UKT yang tinggi ????? Apakah seperti ini ???? Bahkan biaya nya DI ATAS rata rata dari Universitas ( negri ) lainnya di JaTim …
    UKT pun tidak dapat dicicil atau diangsur bertahap ??? Sodara saya masuk di sini, diterima dengan jalur Mandiri tetapi tetap saja di jelaskan juga diatas jalur Mandiri itu AKAN DI KENAKAN UKT LEVEL 6 DAN MEMBAYAR UKA DIAWAL MINIMUM 30 JUTA!
    Tolong DI KAJI kembali agar dana kuliah di turunkan mengingat UPN kan sudah Negri sekarang ini…Terima Kasih Salam

  51. Waode Gabriella says

    Pak, saya diterima di teknik perminyakan dengan UKT gol VIII Rp11.649.000. Selama kuliah biaya apa saja yang harus dikeluarkan, apakah hanya UKT tersebut atau masih ada biaya lainnya? Mohon penjelasannya, terima kasih.

Leave a Comment